Senin, 11 Juni 2012

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan ( KBR ), salah satu bentuk ‘paru-paru’ kota Jakarta. Terletak di Jakarta Selatan, inilah sebabnya daerah selatan Jakarta tidak boleh diganggu gugat, untuk pembangunan. Mulai untuk tempat peresapan air dan paru2 kota.
Kebun Binatang Ragunan, adalah taman raksasa yang berjarak 20 km dari pusat kota Jakarta ini merupakan salah satu tempat rekreasi yang memuat wawasan edukasi. Tak heran banyak keluarga yang berkunjung ke sini. Mereka tidak hanya menonton aneka satwa yang ada, tapi juga menikmati kesejukan alam yang ditampilkan kebun binatang yang ada di Jakarta Selatan ini.

Di taman seluas 145 hektare, orangtua dapat mengenalkan jenis-jenis hewan koleksi kepada anak-anaknya. Diantara pepohonan besar nan rimbun serta udara yang sejuk, menjadikan kawasan ini sangat asri dan nyaman. Pengunjung pun bisa merasa nyaman berkeliling meski matahari sedang tepat di atas kepala.
Sekitar 90 persen koleksi hewan yang di miliki adalah satwa asli Indonesia. Di setiap kandang, terdapat informasi tentang satwa penghuninya, sehingga membantu dan menambah wawasan pengunjung tentang jenis dan asal hewan yang di lihatnya.

Pengunjung membludak biasanya pada akhir pekan atau saat libur, pada hari-hari tersebut, pengunjung –khususnya anak-anak– dapat menunggang gajah, delman, atau perahu. Salah satu tontonan yang sangat menarik perhatian para pengunjung adalah orangutan yang mengelilingi kebun binatang dengan menggunakan delman.
Selain itu, pengunjung dapat berpiknik di alam terbuka. Mereka bisa menggelar tikar sementara anak2 bisa bersepeda keliling KBR. Sepedanya bisa sepeda tandem, untuk anak2 bahkan juga dewasa.

kelebihan dari kebun binatang ini adalah dari segi pendidikan baik untuk anak anak untuk dapat mengenal lebih banyak dari jenis jenis binatang yang ada karena di kebun binatang ini terdapat sekitar 295 spesies dan 4040 spesimen, dengan jumlah ini dapat memberikan lebih banyak informasi kepada anak baik jenis maupun nama nama nya. Dikebun binatang ragunan disetiap kandang hewan terdapat penjelasan mengenai nama asli primata tersebut, wilayah habitat nya dll. Jika dilihat dari segi keuangan nya kebun binatang ini adalah tempat rekreasi yng murah dibandingkan yang lain karena harga tiket mesuk ke sini hanya Rp.4000/orang hal ini lah yang membuat banyak nya pengunjung untuk datang kesini terutama ketika liburan sekolah maupun liburan hari raya.pada saat saat itulah kebun binatang ini ramai di kunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah tidak hanya dari jakarta saja.di kebun binatang ini juga terdapt lebih dari 50.000 pohon yang rindang yang dapat di gunakan pengunjung sebagai tempat berteduh saat berkunjung

da kelebihan pasti ada kekurangan kekurangan dari kebun binatang ini adalah Toilet karena kita sebagai pengunjung telah dikenakan biaya untuk menggunakan toilet tetapi toilet di sini kotor dan bau hal ini yang membuat kita sebagai pengunjung tidak nyaman pada saat menggunakan toilet.kemudian selain itu banyak tempat yang dikuasai pedagang sehigga mengurangi tempat kita untuk duduk maupun ber istirahat sambil menikmati suasana sekitar tempat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar